Rabu, 24 Oktober 2012

JEJAK LANGKAH WARTA 7


Pelantikan Presiden dan Wapres Disambut Demo di Cirebon
Laporan wartawan KOMPAS Siwi Yunita Cahyaningrum
Selasa, 20 Oktober 2009 | 14:00 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono di Jakarta disambut dengan gelombang demonstrasi mahasiswa di Cirebon. Para mahasiswa berdemonstrasi sejak pagi hingga siang hari menuntut agar Presiden dan Wakil Presiden terpilih lebih prorakyat.
Demonstrasi itu dilakukan Gerakan Mahasiswa Penyelamat Reformasi (GMPR) yang merupakan gabungan dari Himpunan Aksi Mahasiswa STAIN, Front Mahasiswa Revolusioner, Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa, dan Barisan Aksi Solidaritas Mahasiswa Indonesia.
Dalam unjuk rasa itu, GMPR mengkritisi banyaknya calon menteri yang tersangkut kasus korupsi namun justru bakal duduk di kabinet. Kepemimpinan SBY juga dinilai ingkar terhadap janji-janji sebelumnya di antaranya justru menaikkan harga bahan bakar minyak. Angka kemiskinan yang disebutkan turun dari 36 juta menjadi 18 juta warga hanyalah manipulasi angka belaka.
Endin Koordinator GMPR menuntut agar pemerintahan SBY bisa membasmi gerakan neoliberalisme yang menyengsarakan rakyat, dan memberikan kebijakan pro rakyat.
Aksi demo ini berakhir setelah para mahasiswa selesai membakar ban di depan kantor DPRD Kota Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar