Rabu, 24 Oktober 2012

JEJAK LANGKAH WARTA 10

30 Mahasiswa Cirebon Tolak Danny Pimpin Jabar

Kamis, 14 Februari 2008 - 15:15 wib
Unjuk rasa GMPR siang tadi (Foto: Tantan)
CIREBON - Gerakan Mahasiswa Penyelamat Reformasi (GMPR) Cirebon melakukan aksi mosi tidak percaya terhadap kebijakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Danny Setiawan.

Mereka menganggap Danny tidak berpihak kepada kepentingan rakyat. Karenanya dia dinilai tidak layak memimpin kembali.

Berdasar pantauan siang ini, Kamis (14/2/2008), kendati aksi demonstrasi berlangsung dengan hujan gerimis yang mengguyur Kota Cirebon, namun hal itu tidak mematahkan semangat sekitar 30 orang mahasiswa yang melakukan aksi di depan kantor Bakorwil Cirebon, Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Dalam aksinya, puluhan mahasiswa menilai kepemimpinan Danny Setiawan memiliki rapor buruk dalam memimpin jabar. Hal itu dibuktikan dengan angka pengangguran yang mencapai hingga 3,9 juta orang. Selain itu, mereka juga mengangap Danny bertanggung jawab atas kerusakan hutan di Jabar yang mencapai hingga 90 persen.

"Masa kepemimpinan Danny telah menyimpan dana APBD melalui Sertifikat Bank Indonesia (SBI) senilai Rp3,1 triliun. Hal itu membuktikan kepemimpinan Danny yang tidak becus mengelola uang rakyat. Padahal saat ini masyarakat sangat membutuhkan dana. Misalnya dipegunakan untuk biaya pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainya yang dapat mensejahterakan masyarakat," tutur kordinator aksi Endin Saefudin dalam orasinya.

Dalam tuntutannya, para mahasiswa menuntut Danny untuk bertanggung jawab atas nasib rakyat Jabar, termasuk kebijakan-kebijakannya yang saat ini tidak diraskan warga Jabar.

Mereka juga menuntut pemerintah provinsi memaksimalkan APBD untuk membiayai program pembangunan melalui akselerasi pembangunan yang dapat dirasakan rakyat secara langsung.

Aksi mahasiswa yang diwarnai dengan pembakaran ban itu tidak berlangsung lama. Bahkan mereka tidak ditemui Kepala Bakorwil Cirebon, Nunung Sahnuri, ataupun perwakilannya. 
(Tantan Sulton Bukhawan/Sindo/jri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar