Rabu, 24 Oktober 2012

JEJAK LANGKAH WARTA 1


Demo Tolak Boediono Berakhir Bentrok
Jum'at, 15 Mei 2009 , 13:22:00
CIREBON, (PRLM).- Aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa menolak pencalonan Boediono sebagai calon wakil presiden (wapres) di gedung Bank Indonesia (BI) Cirebon Jln. Yos Soedarso Jumat (15/5), berakhir bentrok dengan puluhan aparat dari Polresta Cirebon dan Satpol PP Kota Cirebon. Akibatnya dua orang mahasiswa jatuh pingsan setelah terjadi aksi tarik menarik antara massa pengunjuk rasa, yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Penyelamat Reformasi (GMPR) dengan aparat.
Kedua mahasiswa yang pingsan yakni Zaky Purwanto mahasiswa Universitas Swadaya Gunungjati (Unswagati) yang juga koordinator aksi dan Bangun Rumadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).
Pengunjuk rasa merupakan gabungan dari Barisan Aksi Solidaritas Mahasiswa Indonesia (Basmi), Front Aksi Mahasiswa UMC, Himpunan Aksi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (HAM STAIN) dan Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa.
Bentrokan dengan aparat keamanan bermula saat seorang mahasiswa membawa ban dan hendak membakarnya persis di depan pintu pagar Gedung BI. Aksi tersebut kontan membuat puluhan aparat yang berjaga, bereaksi dengan berupaya merebut ban dari tangan mahasiswa.
Aksi saling tarik, saling dorong untuk memperebutkan ban bekas antara pengunjuk rasa dengan aparat tidak terhindarkan. Aksi rebutan bahkan sampai ke jalan raya, sehingga sempat membuat arus lalu lintas macet beberapa saat.
Bentrokan baru berakhir setelah dua mahasiswa jatuh pingsan. Keduanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelabuhan. Kedua kelompok massa langsung menghentikan aksi saling rebut ban bekas itu.
Menurut salah seorang pengunjuk rasa Endin Saefudin, demo menolak pencalonan Boediono sebagai calon wakil presiden akan terus mereka lakukan. Penolakan tersebut dilakukan karena, Boediono selama ini dikenal sebagai sosok yang merupakan kepanjangan IMF di Indonesia. "Boediono merupakan antek IMF yang memiliki pola pikir neo liberalisme," katanya. (A-92/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar