Rabu, 24 Oktober 2012

JEJAK LANGKAH WARTA 3


Disdik Kab. Cirebon Didemo Dua Kali
Selasa, 10 November 2009 , 13:12:00
SUMBER,(PRLM).- Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Cirebon di kompleks perkantoran Sumber didemo sebanyak dua kali oleh kelompok mahasiswa dan anak SD yang berbeda, Selasa (10/11) siang sekitar pukul 10. 15 WIB dan pukul 11.20 WIB. Aksi unjukrasa tersebut sempat rusuh sehingga salah seorang peserta sempat pingsan dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Unjuk rasa tersebut di antaranya menuntut agar komersialisasi pendidikan dihentikan, kinerja Disdik perlu diaudit, serta pelayanan pendidikan dengan prinsip keadilan yang merata harus diterapkan.

Sesuai informasi yang dihimpun, aksi unjukrasa pertama dilakukan Barisan Aksi Mahasiswa (Basmi), Himpunan Aksi Mahasiswa STAIN (HAMS) dan Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa (Gemapesa) yang tergabung dalam Front Mahasiswa Reformasi (FMR). Sementara sesi kedua dilakukan Forum Mahasiswa Kajian Strategis dan Aksi (Fakta) Cirebon.

Aksi yang dilakukan belasan mahasiswa dari FMR sempat diwarnai kericuhan setelah terjadi saling dorong dengan aparat dari Polres Cirebon dan Sat Pol PP Kab. Cirebon. Kericuhan itu berawal saat mahasiswa bermaksud menyalakan ban bekas di jalan depan pintu masuk kantor Disdik. Namun, petugas melarangnya dengan alasan akan mengganggu lalu lintas. Kericuhan tersebut mengakibatkan Jeni salah seorang mahasiswa terjatuh dan tak sadarkan diri hingga langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat oleh rekan-rekannya. Demo yang baru berlangsung sekitar lima menit itu pun bubar.

Sementara itu Korlap FMR, Endin Saefudin mengharapkan, Dana Alokasi Pendidikan (DAK) yang ada saat ini jangan sampai menjadi ajang permainan para mafia pendidikan yang ingin mengeruk keuntungan pribadi atau golongan.(A-146/A-120)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar